PROPOSAL
BISNIS
MAKANAN
HOME MADE
“PEYEK”
Disusun
Oleh :
Nama : Yopih Sri Yuzanah
NPM : 1C214462
Kelas : 3EA48
Dosen : Rooshwan
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
KARAWACI
2017
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Banyak masyarakat
Indonesia yang kurang peduli terhadap lingkungan sekitarnya yang bisa menjadi
peluang usaha, hal ini disebabkan karena kurang dalam memanfaatkan sumber daya
yang ada dan kurangnya ilmu yang mengakibatkan pengusaha yang ada di Indonesia
masih sangat sedikit. Oleh sebab itu lapangan pekerjaan dan pengangguran banyak
sekali di Indonesia.
Dengan
berwirausaha adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah perekonomian dan
pengangguran yang ada di Indonesia. Cara untuk berwirausaha pun banyak sekali,
bisa dengan mengolah bahan-bahan mentah menjadi setengah jadi atau barang
setengah jadi diproduksi menjadi produk yang memiliki nilai jual tinggi.
Maka
daripada itu saya memiliki ide untuk membuka usaha yang memiliki nilai jual
yang memanfaatkan tepung beras dan kacang tanah sebagai bahan dasarnya. Saya akan
membuat “PEYEK” dengan bahan yang bisa didapatkan dengan mudah disekitar kita,
tetapi dengan kurangnya pengetahuan untuk mengolahnya, banyak yang tidak bisa
mendapatkan hasil peyek yang sempurna yaitu tingkat ke kriukannya.
1.2
Visi Usaha
Memperkenalkan
sekaligus mengangkat makanan peyek home made ini di mata masyarakat.
1.3
Misi Usaha
a. Menjaga kualitas dan kehigenisan peyek ini dengan
menggunakan bahan-bahan yang berkualtias.
1.4
Tujuan Kegiatan Usaha Makanan
Tujuan dari pemilihan
usaha makanan ini adalah :
a. Memperoleh keuntungan
b. Meningkatkan minat konsumen terhadap makanan
pendamping nasi atau cemilan terhadap peyek.
1.5
Maksud Kegiatan Usaha Makanan Tradisional
Dengan dibuatnya usaha
peyek home made ini bermaksud supaya ilmu tentang kuliner yang telah didapat
bisa disalurkan. Dengan ilmu yang sudah dimiliki bisa berinovasi untuk membuat
makanan peyek memiliki nilai lebih dan bisa bersaing dengan makanan atau
cemilan modern yang bersekala industri lebih besar seperti pabrik. Dengan itu,
saya akan membuat usaha home made “PEYEK KUH" .
BAB
II
PEMBAHASAN
PEYEK
KUH merupakan nama dari produk saya, penamaannya demikian karena makanan peyek
yang gurih ini, biasanya merupakan
camilan dan makanan pendamping nasi atau makanan tradisonal seperti nasi pecel.
Dan hampir semua kalangan golongan anak-anak sampai orang dewasa tidak asing
dengan makanan gurih ini. Tapi saya akan mencoba untuk membuat produk peyek
yang menarik dan berkuatias sehingga bisa diterima di masyarakat luas.
Kandungan
nutrisi pada tepung beras dan kacang sangat bagus untuk kesehatan. Tepung beras
mengandung karbohidrat yang cukup tinggi jadi memakan peyek juga cukup
mengenyangkan. Sedangkan kacang mengandng vitamin E, asam folat, protein,
serat, magnesium, lemak tak jenuh tunggal dan kaya akan antioksidan. Oleh
karena itu peyek bisa dikonsumsi semua
kalangan.
2.2 Strategi Pemasaran
2.2.1 Segmen Pasar
Segmen pemasaran
merupakan pembeli dijadikan sebagai target yang akan kita capai, produk yang
kita buat adalah produk yang dapat dinimati
berbagai kalangan yang ada di masyarakat. Produk makanan ini juga bisa
dinikmati oleh anak-anak hingga orang dewasa.
2.2.2 Target Pasar
Target yang kita pasarkan
adalah warung dan di sekitar kampus.
2.2.3 Positioning
Agar produk makanan
yang dibuat dikenal oleh orang banyak. Produk ini selalu menjaga ke kriukan dan
ke aroma peyek dengan memperbanyak irisan daun jeruk nipis.
2.3 Analisis S.W.O.T
Analisis SWOT (Strength
Weakness Oportunity Threat) merupakan untuk menganalisa persaingan usaha.
2.3.1 Strength
Dengan inovasi yang
pasti kita akan diterima oleh masyarakat. Disamping itu kami juga menjadikan
produk makanan ini berkualitas dan dengan bahan dasar tepung beras dan kacang yang
memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.
2.3.2 Weakness
-
Produk makanan ini bisa ditiru
-
Ketahanan produk tidak lama
-
Harga bahan pembuatan produk tidak stabil
2.3.3 Oportunity
Produk sejenis ini
sudah ada banyak dikalangan masyarakat, akan tetapi saya menambahkan inovasi
sehingga berbeda dengan produk yang sudah ada dikalangan masyarakat. Di samping
itu produk peyek yang ditawarkan ini mempunyai rasa aroma jeruk nipis yang
khas.
2.3.4 Threat
Ada
beberapa ancaman dari usaha ini diantaranya adalah :
-
Bahan baku yang
kadang naik turun
-
Persaingan yang
tidak sehat
-
Adanya produk
sejenis yang lebih baik yang mengakibatkan produk kami kalah bersaing
BAB
III
MANAJEMEN
PRODUKSI
3.1 Proses Produksi
Kegiatan
produksi yang saya lakukan adalah sebagai berikut :
-
Terus
mengembangkan inovasi produk dengan menganalisa pasar yang telah kita bidik.
-
Menentukan
bahan-bahan apa saja yang diperlukan dan juga bahan penunjang selain dari bahan
utama. Lalu melakukan survei ke pasar untuk mendapatkan harga yang murah.
-
Dalam proses
produksi dikerjakan dengan standar kerja yang sudah disusun agar proses
produksi berjalan sesuai dengan apa yang kami harapkan.
-
Membuat laporan
keuangan, hal ini agar dana transaksi yang kita dapatkan bisa kita analisa dan
proses produksi pun akan berjalan dengan lancer.
3.2
Bahan Baku
Untuk proses produksi
saya memakai bahan baku sebagai berikut :
3.5
Cara Membuat Produk
-
Potong kacang
tanah mentah menjadi ukuran kecil.
-
Iris-iris daun
jeruk.
-
Haluskan
ketumbar, kemiri, bawang putih, dan garam.
-
Campurkan semua
bahan menjadi satu, kecuali kacang tanah.
-
Panaskan minyak
dengan api kecil.
-
Masukkan 1
sendok sayur adonan dan tambahkan satu sendok teh kacang tanah, lalu goreng
kedalam minyak panas hingga membentuk setengah lingkaran.
-
Goreng hingga
warna kecoklatan, angkat.
BAB
IV
RENCANA
ANGGARAN
4.1 Modal
Modal
yang dikeluarkan untuk usaha ini adalah Rp. 130.000,-
Toal
biaya: Perlengkapan + bahan baku + biaya lain-lain
Rp. 49.000 + Rp. 24.000 + Rp. 36.000 = Rp.
109.000
Dimana dalam 3 hari sekali kami membuat 50 pcs
dengan modal sebesar Rp. 109.000,-
4.2 Penentuan Harga Jual Produk
HPP
(Harga Pokok Produksi) = Biaya Total : Hasil Produksi
Rp. 109.000 : 50 = 2.180
Harga jual = Harga Pokok + Laba yang diinginkan = 2.180 + 1.820 = 4.000
4.3 Laba Rugi
Laba
= (Hasil Produksi x Harga Jual) – Modal = (50 x 4.000) – 109.000
=
200.000 – 109.000 = 91.000
Prosentase
Laba = Laba : Modal x 100%
=
91.000 : 109.000 x100% = 83,48%
BAB
V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
PEYEK KUH adalah produk
yang berbahan dasar tepung beras dan
kacang yang diberi sedikit inovasi aroma daun jeruk nipis yang kuat agar bisa
diterima di masyarakat luas. Dengan harapan produk ini bisa diterima di
masyarakat dan digemari oleh para pembeli.
5.2
Saran
Proposal ini jauh dari kata sempurna,oleh karena itu
kami mengharapkan saran dan kritik yang bisa membuat proposal ini lebih baik
lagi.
Sekian proposal ini dibuat, semoga usaha yang akan
saya jalankan berjalan dengan lancar dan bisa memberikan dampak yang baik di
masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar